Seedbacklink





Sifat dan Fungsi Kepanduan dan Kepramukaan

Sifat Kepanduan

Resolusi konfrensi Kepanduan sedunia pada tahun 1924 bertempat di Kopenhagen, Denmark. Menyatakan bahwa kepanduan mempunyai tiga sifat yaitu:

  1. Nasional, yang artinya kepanduan tersebut diselenggarakan di masing masing Negara sesuai dengan kebutuhan masing masing Negara tersebut.
  2. Internasional, artinya kepanduan harus dapat mengembangakan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesame anggota pandu dan sebagai sesama manusia.
  3. Universal, yang artinya kepanduan itu dapat berlaku untuk siapa saja serta dapat diselenggarakan dimana saja.

Fungsi Kepanduan

  1. Merupakan kegiatan yang menarik yang mengandung pendidikan bagi anak – anak remaja maupun pemuda.
  2. Merupakan Suatu pengabdian bagi para anggota dewasa uang merupakan tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan dan pengabdian.
  3. Merupakan sarana bagi masyarakat, Negara, atau organisasi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, saran bagi organisasi atau Negara mencapai tujuannya.

Sifat Kepramukaan

  1. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, mandiri, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama.
  2. Gerakan Pramuka bukan organisasi social politik, bukan bagian dari salah satu organisasi social politik dan tidak menjalankan kegiatan politik.
  3. Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap – tiap anggotanya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing – masing serta beribadat menurut agama dan kepercayaannya.

Fungsi Kepramukaan

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan nonformal diluar sekolah dan diluar keluarga dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta berlandaskan Sistem Among

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan pramuka melalui

  1. Pendidikan dan pelatihan pramuka
  2. Pengembangan pramuka , pengabdian masyarakat dan orang tua, serta
  3. Permainan yang berorientasi pada pendidikan